Easiest Way to Prepare Appetizing Bolu Sarang Semut (Bolu karamel)

Bolu Sarang Semut (Bolu karamel).

Bolu Sarang Semut (Bolu karamel) You can cook Bolu Sarang Semut (Bolu karamel) using 10 ingredients and 15 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Bolu Sarang Semut (Bolu karamel)

  1. Prepare 250 gram of gula pasir (saya 120 gram).
  2. You need 200 mili of air panas (saya 100 mili).
  3. It's 150 mili of SKM putih (saya 100 mili).
  4. You need 100 gram of tepung terigu (saya 50 gram).
  5. Prepare 100 gram of margarine (saya 50 gram).
  6. It's 25 gram of tepung sagu tani (saya 20 gram tepung tapioka).
  7. Prepare 4 butir of telur (saya 2 telur).
  8. Prepare 1/2 sdt of Baking powder.
  9. It's 3/4 sdt of Baking soda.
  10. Prepare 1/2 sdt of vanili bubuk.

Bolu Sarang Semut (Bolu karamel) instructions

  1. Membuat karamel : siapkan teflon,,masukkan gula pasir,,,masak dengan api sangat kecil,,,biarkan sampai gula meleleh,,,jangan di aduk nanti bisa gosong atau rasanya pahit.
  2. Setelah meleleh semua,,,,masukkan air panas sedikit demi sedikit,masak sebentar,,angkat lalu sisihkan.
  3. Lelehkan mentega,,,cukup dengan meleleh sebagian lalu matikan api kemudian aduk2 saja nanti akan melelah sendiri note : jangan sampai meleleh seperti minyak goreng.
  4. Campur tepung terigu,,tepung sagu/tapioka,,vanili,,baking powder dan baking soda,,aduk rata dan sisihkan.
  5. Kocok telur menggunakan whisk di wadah yang lain.
  6. Masukkan campuran tepung,,aduk lagi dengan whisk.
  7. Masukkan margarine,,aduk dengan whisk.
  8. Masukkan SKM putih,,aduk rata.
  9. Masukkan larutan gula / karamel,,,aduk merata dengan whisk.
  10. Siapkan loyang bundar uk.12x7 lalu olesi dengan carlo (resep Carlo tertera),,tumpahkan adonan bolu karamel.
  11. Panggang di oven tangkring yang sebelumnya sudah di panaskan terlebih dahulu,,,panggang dulu dengan suhu 180 sampai adonan bolu naik,,,kemudian kecilkan api atau kalau pakai oven tangkring pakai api sedang,,,panggang selama kurleb 45 menit,,,tes tusuk.
  12. Setelah bolu matang keluarkan dari oven.
  13. Untuk melepaskan bolu karamel yang cenderung lengket bisa menggunakan spatula yang tipis,,,,sisit bagian samping antara bolu dan loyang,,,sisit secara perlahan lalu balikkan loyang pelan2 di atas piring.
  14. Ini penampakan bagian dalam bolu karamel setelah saya potong.
  15. Potong-potong bolu dan sajikan dengan teh hangat.

More Articles

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Easiest Way to Prepare Appetizing Bolu Sarang Semut (Bolu karamel)"

Posting Komentar